• Membangun Brand
Untuk membangun suatu Brand suatu perusahaan / organisasi tidak cukup hanya dengan beriklan melalui media cetak, elektronik dan iklan luar ruang (outdoor), Namun membutuhkan Manajemen strategi dengan cara melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang sehingga Brand memiliki daya tarik tersendiri.
Suatu perusahaan / organisasi yang memiliki reputasi bagus tidak lagi memerlukan promosi, marketing, public relation, atau corporate social responsibility (CSR) karena hal itu secara otomatis telah terjadi dengan sendirinya. Salah satu cara baru membangun brand yang sering digunakan oleh perusahaan kelas dunia adalah dengan membentuk bisnis yang dicintai oleh karyawan perusahaan, masyarakat, dan investor, Hal ini terkait dengan reputasi bagi pelangan /Customer, karena citra baik ( reputasi yang baik ) akan menentukan keputusun untuk membali. Sedangkan bagi karyawan sendiri hal ini akan lebih memicu karyawan untuk lebih loyal terhadap perusahaan dan selalu berkomitmen terhadap kebijakan – kebijakan yang dibuat oleh perusahaan itu. Reputasi yang baik juga akan memancing serta bisa mengundang investor untuk menanamkan modalnya dan secara otomatis media akan terus mengikuti perkembangannya, bahkan dengan reputasi yang baik akan bias mendorong analis keuangan memberikan peringkat yang bagus.
Contoh perusahaan terkenal yang mempunyai reputasi baik antara lain ; The Body Shop dan produk Apple seperti IPod dan ITunes. The Body Shop, merek produk perawatan tubuh itu dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan sehingga bisa mengambil simpati konsumen di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan selain mempunyai strategi bisnis yang bagus Anita Roddick selaku pencipta merek tersebut, juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan bisnisnya juga sangat concern terhadap perekonomian dunia ketiga. Sedangkan produk-produk Apple dikenal memiliki reputasi tersendiri dibanding produk elektronik sejenis. Bahkan saat ini, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu telah menjual jutaan keping produknya dan menciptakan konsumen yang loyal.
Untuk membangun brand yang kuat, harus bisa menyinergikan antara hati, pikiran dan jiwa, yang lantas diimplikasikan kepada model bisnis dengan menciptakan misi, visi, serta nilai. Misinya, perusahaan bisa memberi manfaat kepada manusia dan lingkungan. Visinya, perusahaan bisa menjadi yang terdepan dalam menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dan nilainya adalah menciptakan nilai keekonomian, lingkungan yang sehat, dan mendukung perkembangan sosial. Apabila suatu perusahaan mampu menciptakan brandnya serta memiliki brand integrity, brand indentity serta brand image maka perusahaan akan mampu mempertahankan diri nya bagi orang – orang yang mencintai perusahaannya.
SIEN Consultants merupakan konsultan Manajemen strategi yang berpengalaman lebih dari 10 tahun membantu banyak perusaahaan dalam membangun brand tanpa melihat besar /kecil perusahaan.
http://id.shvoong.com/business-management/management/1884275-konsultan-manajemen-strategi-membangun-brand/
0 komentar:
Posting Komentar