· Kiat Membangun Merek
Pada era milenium baru ini, tidak hanya perusahaan atau produk yang memiliki merek. Kini, nyaris semua hal adalah merek. Route 128 di Boston adalah label sebuah jalan besar teknologi Amerika dan Operation Enduring Freedom adalah merek operasi militer.
Jika Anda adalah seorang eksekutif senior, presiden bisnis perusahaan sendiri, atau karyawan perusahaan, mengelola merek Anda sama pentingnya dengan mencapai tujuan profesional. Ketika Anda membangun dan membentuk merek, Anda akan menuai banyak keuntungan, seperti:
* Memahami diri sendiri lebih baik
* Meningkatkan rasa percaya diri
* Meningkatkan kemampuan memandang sesuatu
* Membedakan Anda dari teman sebaya
* Meningkatkan kompensasi Anda
* Berjuang saat kemerosotan ekonomi
* Memperluas area bisnis baru
* Memperoleh pekerjaan dan tugas yang lebih baik dan menarik
Inilah sejumlah cara ampuh untuk membentuk merek personal :
1. Berilah konteks pada merek Anda.
Visi Anda adalah hal-hal eksternal, sedangkan tujuan Anda adalah internal. ''Kita adalah perubahan yang kita idamkan hadir di dunia,'' kata Gandhi.
2. Merek personal Anda harus terikat dengan tujuan Anda.
Habiskan waktu untuk memikirkan seperti apa kehidupan yang Anda inginkan dalam setahun. Dua tahun? Lima tahun? Jangan lupa untuk mendokumentasikan jawaban Anda.
3. Kenali diri Anda.
Anda perlu tahu diri sendiri sebelum Anda membangun merek yang sukses. Jika kreatif, dinamis, dan aneh, Anda tidak akan sukses dengan cara mengomunikasikan hal-hal yang terfokus, mapan, dan mudah diprediksi. Seperti halnya Volvo yang dikenal karena aman, bukan sebuah mobil olah raga yang cepat.
4. Kenali pesaing Anda.
Anda hanya dapat menonjol bila mengetahui orang-orang yang akan Anda saingi. Dengan kata lain, Anda tahu siapa orang yang Anda saingi. Lihatlah tujuan Anda dan telitilah lebih dalam kompetisi yang Anda hadapi.
5. Kenali sasaran Anda.
Agar sukses, tidak cukup hanya dengan memiliki merek pribadi. Anda harus mengomunikasikan pada orang yang tepat. Kunci utama untuk merek personal yang sukses adalah fokus.
6. Gambarkan esensi merek Anda.
Buatlah profil merek personal. Buatlah sifat khas merek Anda, ini akan membantu Anda mengembangkan rencana komunikasi merek Anda.
7. Carilah paduan yang tepat.
Begitu Anda mengenali diri sendiri, pesaing, dan target, Anda dapat mengidentifikasi kombinasi ideal alat komunikasi untuk mencapai audiens secara efektif.
8. Tandai segala yang Anda lakukan dengan merek Anda.
Ketika Anda memberi presentasi, berpartisipasi dalam pertemuan, atau menulis laporan, Anda tidak boleh meninggalkan merek Anda.
9. Hidup dan bernafas dengan merek Anda.
Pastikan segala hal mengomunikasikan esensi merek Anda. Mulailah dengan membuat daftar pertanyaan selama dua minggu agar segala hal yang Anda lakukan dapat terkait dengan merek. Biasakan memakai ini agar Anda dapat menjaga merek secara konsisten, konstan, dan jelas.
10. Evaluasi
Kunci evaluasi adalah menetapkan sistem metrik. Jika Anda seorang karyawan perusahaan, Anda dapat menggunakan evaluasi performa dan timbal balik informal dari manajer dan rekan sebaya. Apapun langkah yang Anda ambil, pastikan merek Anda tetap otentik, berbeda, dan konsisten.
Source : Republika Online (Rabu, 04 Juni 2003)
http://scylics.multiply.com/journal/item/171
0 komentar:
Posting Komentar